Advertise
TOTAL MEMBERS:
42.024
TOTAL FOBLOGS:
71.222
TOTAL FRIENDSHIPS:
165.286
Searching:
Create Blog

Bui Tak Melulu Soal Narkoba, Napi Juga Bisa Bikin Produk Bernilai Tinggi

Navigation: Foblog Online » Lihat Semua Foblog » Forum » Berita dan Politik » Bui Tak Melulu Soal Narkoba, Napi Juga Bisa Bikin Produk Bernilai Tinggi
Published on 11 December 2013 20:57 by Contributor DetikComment
Category: Forum » Berita dan Politik161 Views 1986 Chars
Short URL: Print Bui Tak Melulu Soal Narkoba, Napi Juga Bisa Bikin Produk Bernilai Tinggi   PDF Bui Tak Melulu Soal Narkoba, Napi Juga Bisa Bikin Produk Bernilai Tinggi

Bui Tak Melulu Soal Narkoba, Napi Juga Bisa Bikin Produk Bernilai Tinggi


[Cover] Bui Tak Melulu Soal Narkoba, Napi Juga Bisa Bikin Produk Bernilai Tinggi

Di tengah isu miring seputar pengelolaan Lapas, Kemenkum HAM menggelar Napi Craft 2013. Dari ajang ini, terungkap bahwa narapidana juga bisa berkarya dari balik jeruji besi. Karya yang memiliki nilai komersial.

Napi Craft 2013 digelar di Plenary Hall JCC, Senayan, Rabu (11/12/2013). Acara digelar dari hari ini sampai lima hari ke depan.

Hasil karya narapidana warga binaan lembaga pemasyarakatan (Lapas) di seluruh Indonesia ditampilkan dalam Napi Craft 2013. Di antaranya seperti batik, lukisan, anyaman, mebel hingga produk olahan makanan dan minuman.

Tidak hanya menjajakan barang jadi, para warga binaan tersebut juga akan hadir di stand-stand yang tersedia. Untuk beberapa produk mereka dapat mempraktikan cara membuat hasil karya mereka.

Beberapa di antaranya yakni memperlihatkan teknik pembuatan kerajinan dari koran bekas, yang ditampilkan narapidana Lapas Tangerang; Teknik membatik (Lapas Cipinang); Pembuatan miniatur kapal (Lapas Bekasi); Melukis di media kanvas (Lapas Salemba).

"Pameran Napi Craft ini diselenggarakan di tengah gencarnya sorotan ke warga binaan, akibat tindakan sebagian kecil warga binaan. Padahal banyak di antara mereka yang bisa berkarya," ujar Menkum HAM Amir Syamsuddin dalam sambutannya.

Menurut Amir, setiap warga binaan dari seluruh lapas yang ada di seluruh Indonesia, diberi pelatihan sesuai bakat dan keterampilan masing-masing. Dan hasilnya, tidak bisa dipandang remeh.

"Karya-karya ini bernilai ekonomi cukup tinggi. Ini modal bagi mereka untuk dapat hidup mandiri, sebelum terjun kembali ke masyarakat," ujar Amir.

Politikus Demokrat ini menyadari, dari karya-karya para narapidana tersebut masih bisa dioptimalkan lagi. Apalagi jika ada sentuhan pihak ketiga yang membantu mempromosikannya.

"Saya ajak masyarakat untuk memahami kenyataan bahwa dari balik kelamnya masa lalu ternyata warga binaan masih memiliki sisi positif," ujar Amir.

Kata Kunci:



Dapatkan informasi terbaru dan menarik melalui media sosial PsikoMedia

PsikoMedia on Facebook:

 
PsikoMedia on Twitter:

 

 
  

Baca Juga
Foblog Psikologi :Foblog Lain-lain :


Facebook Comments





Kirim Komentar


Login first to leave a comment.
Signup here or Login here
PsikoMedia © 2008-2014 ® All Rights Reserved